Test Footer


Breaking News

Friday 18 January 2013

sejarah perkembangan ati radeon sampai menjadi amd radeon (sang rival abadi dari Nvidia geForce)

250px-Ruby's_Revenge_1024Pada tahun 1985, ATI didirikan sebagai Array Technologies Incorporated oleh Yuen Kwok Ho, Benny Lau dan Lee Ka Lau. Bekerja terutama dalam bidang OEM, ATI produksi terintegrasi kartu grafis untuk PC seperti IBM dan Commodore. By 1987, ATI telah berkembang menjadi sebuah kartu grafis independen pengecer, pengenalan EGA Wonder dan VGA Wonder lini produk kartu grafis dengan merek yang di bawah tahun. Pada bulan Mei 1991, perusahaan yang dirilis Mach8, ATI pertama produk dapat memproses grafik tanpa CPU. Debuting pada tahun 1992, yang ditawarkan Mach32 meningkatkan bandwidth dan memori GUI percepatan kinerja. ATI Technologies Inc pergi publik pada tahun 1993 dengan saham yang terdaftar di NASDAQ dan Bursa Efek Toronto.

Pada tahun 1994, yang Mach64 penderas debuted, powering dengan Grafis dan Xpression Graphics Pro Turbo, menawarkan dukungan hardware untuk YUV-ke-ruang warna RGB konversi di samping perangkat keras memperbesar; awal teknik hardware berbasis video percepatan.
ATI diperkenalkan pertama kombinasi 2D dan 3D accelerator dengan nama 3D Rage. Chip ini berdasarkan Mach 64 tetapi kekuatan fitur akselerasi 3D. The ATI Rage baris powered hampir seluruh berbagai produk grafis ATI. Secara khusus, Rage Pro merupakan salah satu giat 2D-plus-3D alternatif untuk 3dfx’s 3D hanya Voodoo chipset. Akselerasi 3D di baris Rage lanjutan dari fungsi dasar dalam awal 3D Rage ke DirectX yang lebih canggih 6,0 penderas di 1999 Rage 128.
All-in-Wonder lini produk diperkenalkan pada tahun 1996 adalah yang pertama kombinasi chip grafis terintegrasi dengan TV tuner yang pertama dan kartu chip yang memungkinkan komputer untuk menampilkan gambar pada televisi. [4] The kartu fitur akselerasi 3D ATI didukung oleh kedua generasi 3D Rage II, 64-bit 2D performa, kualitas video TV-akselerasi, analog video capture, TV tuner fungsionalitas, meliuk-bebas TV-out dan TV stereo audio penerimaan.
ATI sudah masuk ke dalam ponsel oleh sektor komputasi memperkenalkan grafis 3D-akselerasi ke laptop pada tahun 1996. Mobilitas lini produk yang telah memenuhi persyaratan yang berbeda dari PC desktop, seperti diminimalkan penggunaan listrik, mengurangi panas output, output TMDS kemampuan untuk laptop layar, integrasi dan maksimal. Pada tahun 1997, ATI Tseng Labs diperoleh dari grafik aset, yang termasuk 40 teknisi.
Radeon di lini produk ini unveiled grafis pada tahun 2000. Awal grafis Radeon pengolahan adalah semua unit-desain baru dengan DirectX 7,0 akselerasi 3D, video akselerasi, dan akselerasi 2D. Teknologi dikembangkan untuk generasi Radeon tertentu dapat dibangun dalam berbagai tingkat kinerja dan fitur untuk menyediakan produk yang cocok untuk seluruh pasar jangkauan. Kisaran stretches dari high-end Radeon HD 3000/4000 seri yang mendukung DirectX 10,1 Unified Shader Model teknologi, untuk Mobility Radeon produk untuk laptop, dan untuk anggaran seri, seperti Radeon X1300. Generasi ini kemudian diperluas untuk mencakup fleksibilitas untuk memudahkan pembangunan terpadu baik dan mempunyai ciri-ciri bagian dari teknologi yang sama.
Pada tahun 2000, ATI diperoleh ArtX, yang rekayasa yang sirip chip grafis yang digunakan di Nintendo gamecube game konsol. Mereka juga membuat versi modifikasi dari chip (CODEC Hollywood) untuk penerus dari gamecube, yang Wii. ATI telah mengontrak oleh Microsoft untuk membuat grafik inti (CODEC Xenos) untuk Xbox 360. Kemudian pada tahun 2005, ATI diperoleh dari Terayon Modem Kabel Silicon Kekayaan Intelektual memperkuat mereka memimpin di pasar konsumen televisi digital. KY Ho tetap sebagai Ketua Dewan sampai ia pensiun pada November 2005. Dave Orton diganti dia sebagai Presiden dan CEO organisasi.
Pada tanggal 24 Juli 2006, AMD dan ATI mengumumkan rencana untuk bergabung bersama dalam menangani bernilai $ 5,4 miliar. Merger yang ditutup pada 25 Oktober 2006. Akuisisi pertimbangan termasuk lebih dari $ 2 miliar dibiayai dari pinjaman dan 56 juta saham dari saham AMD. ATI tetap namanya, logo dan merek dagang. ATI maka CEO Dave Orton dibuat Eksekutif Vice President of Visual Bisnis dan Media.
Dilaporkan bahwa pada bulan Desember 2006 AMD / ATI, beserta saingan utama NVIDIA, menerima panggilan dari Amerika Serikat Departemen Kehakiman mengenai kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis.
Pada bulan Juli 2007, AMD mengumumkan pengunduran diri dari Dave Orton. ATI, sebuah anak perusahaan dari AMD, dinamakan Graphics Product Group (GPG) di dalam perusahaan. The top-level manajemen yang Graphics Product Group terdiri dari Rick Bergman, Senior Vice President dan General Manager dan Adrian Hartog, Senior Vice Presiden dan General Manager Elektronik Konsumen Group. Kedua lapor ke Dirk Meyer, CEO AMD.
Produk ATI
Selain mengembangkan high-end GPUs (awalnya disebut VPU, visual unit pengolahan, oleh ATI) untuk PC, ATI juga tertanam versi desain untuk laptop (Mobility Radeon), PDA dan ponsel (Imageon), motherboard terpadu (Radeon IGP) , dan beberapa others.
ATI mempromosikan produk-produknya dengan fiksi “Ruby” karakter perempuan, yang bisa disewa duitan. “Komputer video animasi yang dihasilkan oleh RhinoFX tentang Ruby pada misi (menjadi sniper, penyabot, hacker dan sebagainya) akan ditampilkan pada teknologi menunjukkan besar seperti CeBIT, Ces.
* Graphics Solusi / “Small Wonder” – Seri 8-bit ISA card dengan MDA, CGA Hercules dan kompatibilitas. Nanti versi ditambahkan EGA dukungan.
* EGA / VGA Wonder – IBM “EGA / VGA-kompatibel” menampilkan Adapters (1987)
* Seri Mach – ATI pertama diperkenalkan 2D GUI “Windows Accelerator”. Sebagai seri berkembang, GUI akselerasi meningkat drastis dan awal video percepatan muncul.
* Seri Rage – ATI pertama 2D dan 3D accelerator chips. Yang berkembang dari seri elementer 3D dengan 2D GUI akselerasi MPEG-1 dan kemampuan, untuk yang sangat kompetitif dengan Direct3D 6 penderas kemudian “terbaik di kelas” DVD (MPEG2) percepatan. Berbagai keripik sangat populer dengan OEMs of the time. Rage II yang digunakan pada ATI All-In-Wonder multi fungsi kartu video, dan lebih maju Semua-Dalam-Wonders berdasarkan Rage series GPUs diikuti. (1995-2004)
o Rage Mobilitas – Dirancang untuk digunakan dalam rendah daya lingkungan, seperti buku tulis. Keripik fungsional ini adalah mereka yang mirip dengan desktop negeri, tetapi harus maju seperti penambahan daya manajemen, LCD antarmuka, dan memantau fungsi ganda.
* Radeon Series – Diluncurkan pada 2000, ATI Radeon baris adalah merek bagi konsumen 3D accelerator tambahan di kartu. Yang asli adalah ATI Radeon DDR pertama DirectX 7 3D accelerator, mereka memperkenalkan pertama hardware T & L engine. ATI sering diproduksi ‘Pro’ versi jam dengan kecepatan tinggi, dan kadang-kadang ekstrim ‘XT’ versi, dan bahkan lebih baru ‘XT Platinum Edition (PE)’ dan ‘XTX’ versi. Radeon seri yang merupakan dasar bagi banyak ATI All-In-Wonder boards.
o Mobility Radeon – Serangkaian daya dioptimalkan versi Radeon chip grafis untuk laptop. Mereka memperkenalkan inovasi seperti modularized RAM chips, DVD (MPEG2) percepatan, notebook GPU kartu sockets, dan “PowerPlay” daya manajemen teknologi.
o ATI CrossFire – Teknologi ini telah ATI tanggapan dari NVIDIA SLI platform. It diizinkan, dengan menggunakan kedua kartu video dan dual PCI-E Motherboard berdasarkan ATI CrossFire chipset yang kompatibel, kemampuan untuk menggabungkan kekuatan dua kartu video untuk meningkatkan performa melalui berbagai berbeda memberikan pilihan. Ada satu pilihan untuk tambahan PCI-E video plugging kartu ke dalam tiga slot PCI-E untuk game fisika, atau pilihan lain untuk melakukan fisika pada kedua video card.
* FireGL – Diluncurkan pada 2001, setelah akuisisi ATI FireGL Grafis dari Diamond Multimedia. Workstation CAD / CAM kartu video, berdasarkan Radeon seri.
* FireMV – Untuk workstation, dengan multi-melihat, sebuah teknologi untuk kebutuhan untuk menampilkan beberapa workstation dengan akselerasi 2D saja, biasanya didasarkan pada produk low-end dari seri Radeon.
[sunting] platform komputer pribadi dan chipset
Lihat juga: Perbandingan chipset ATI dan Perbandingan chipset AMD
* IGP 3×0, Mobility Radeon 7000 IGP – chipset ATI pertama. Menyertakan DirectX 7-tingkat prosesor grafis 3D.
IGP * 9100 – 2. Generasi sistem chipset. IXP250 Southbridge. Ianya penting untuk menjadi yang pertama selesai ATI chipset motherboard, termasuk ATI-dibangun Southbridge. Ia termasuk yang Diperbaharui DirectX 8,1 prosesor grafis kelas.
* Xpress 200/200P – PCI Express berbasis Athlon 64 dan Pentium 4 chipset. Mendukung SATA serta grafis terintegrasi dengan dukungan DirectX 9.0, pertama chipset grafis terintegrasi untuk melakukannya.
* Xpress 3200 – mirip dengan Xpress 200, tetapi dirancang untuk kinerja optimal CrossFire.
o AMD CrossFire 580X chipset – AMD edisi Xpress 3200 diganti, karena AMD Akuisisi ATI.
* 690G, Xpress 1250 – untuk platform AMD dan Intel. Termasuk DirectX 9 prosesor grafis ditingkatkan melalui Xpress 200 dan industri asli HDMI pertama pelaksanaan di motherboard.
* Chipset AMD 700 series – khusus untuk prosesor AMD, ini adalah keluarga chipset yang mendukung prosesor Phenom dan antusias Quad FX platform (790FX), antusias chipset (790X), IGP (790GX, 780G, 740G) dan satu kartu grafis varian (770, 740) bertujuan utama nilai dan sistem komputasi yang tersedia.
Selain di atas chipset ATI telah mengumumkan bahwa telah menangani bulus dengan CPU dan Motherboard sebagai produsen tahun 2005, khususnya Asus dan Intel, untuk membuat onboard 3D Graphics Intel solusi untuk berbagai motherboard baru yang akan diluncurkan dengan berbagai Intel Pentium M berbasis desktop prosesor, Intel Core dan prosesor Intel Core 2, yang D101GGC dan chipset D101GGC2 (CODEC “Grand County”) berdasarkan Radeon Xpress 200 chipset. Namun, high-end papan dengan prosesor grafis terintegrasi (IGP) akan tetap menggunakan grafis terintegrasi Intel GMA prosesor. Yang berhubungan dengan Intel telah dianggap secara resmi berakhir dengan pembelian dari AMD ATI Technologies pada bulan Juli 2006, dengan Intel mengumumkan SiS IGP chipset (chipset D201GLY, CODEC “Little Valley”) untuk masuk level platform desktop, mengganti “Grand County “seri chipset.

1 comment:

tinggalkan jejak sobat FERIKUN.com | ALL FOR US dengan berkomentar dibawah ini
semoga kalian senang berlama lama di situs saya ini....

Designed By VungTauZ.Com